Wasir Setelah Melahirkan: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Wasir Setelah Melahirkan: Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mengobati Wasir Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, perasaan lega pribadi muncul. Perjuangan Kalian selagi 9 bulan mengandung sudah berhasil. Namun, terkadang Kalian memperoleh persoalan baru, salah satunya ialah wasir seusai melahirkan.

Jika Kalian mengalami rasa sakit ketika buang air besar dan mencicipi adanya pembengkakan di kurang lebih dubur Kalian seusai melahirkan, mungkin Kalian sedang mempunyai wasir.

Apa itu wasir?

Wasir alias hemoroid ialah pembuluh darah vena di kawasan dubur yg membengkak. Pembengkakan ini semacam daging yg timbul di kawasan dubur, mampu terbentuk dalam beberapa ukuran mulai dari sebesar biji buah hingga seukuran buah anggur.

Hal ini mampu menyebabkan perdarahan ketika Kalian buang air besar dan membikin Kalian merasa tak nyaman.

Wasir mampu timbul selagi kehamilan alias seusai melahirkan pada Kalian yg sebelumnya tak sempat mengalami wasir.

Jika Kalian sempat menderita wasir sebelum hamil, jadi Kalian lebih mungkin mendapatkannya lagi ketika kehamilan alias seusai melahirkan. Biasanya, wasir mampu hilang dengan sendirinya seusai Kalian melahirkan.

Bagaimana mampu timbul wasir seusai melahirkan alias bahkan ketika hamil?

Kehamilan membikin Kalian lebih mungkin untuk menderita wasir. Tekanan pada perineum (area di antara celah vagina dan anus) selagi kehamilan alias seusai melahirkan membikin Kalian lebih mungkin mengalami wasir.

Saat hamil, rahim Kalian semakin membesar jadi memberi tekanan pada vena besar di segi kanan tubuh yg mendapatkan darah dari kaki.

Tekanan ini kemudian mampu memperlambat kembalinya darah dari tahap bawah tubuh, jadi menambah tekanan pada pembuluh darah di bawah rahim dan menyebabkannya menjadi besar.

Selain itu, peningkatan hormon progesteron selagi kehamilan juga menyebabkan dinding pembuluh darah berelaksasi, jadi pembuluh darah lebih mudah menjadi bengkak.

Hormon progesteron juga mampu menyebabkan sembelit dengan tutorial memperlambat pergerakan usus Anda.

Sembelit ketika hamil alias seusai melahirkan mampu menyebabkan tekanan pada pembuluh darah, jadi mampu menjelma alias memperburuk wasir. Kalian juga mampu membuatkan wasir sebab Kalian mengejan terlalu keras selagi persalinan.

Bagaimana menangani wasir seusai melahirkan?

Wasir seusai melahirkan biasanya terjadi pada wanita yg melahirkan dengan tutorial normal. Gejalanya, semacam nyeri, gatal pada dubur, perdarahan ketika buang air besar, alias pembengkakan di kurang lebih anus. Namun, jangan khawatir sebab wasir ini mampu sembuh apabila diobati.

Anda mampu menanggulangi wasir dengan cara:

  • Anda mampu merendam diri Anda, khususnya kawasan dubur, dengan air hangat. Lakukan tutorial ini 2-4 kali dalam sehari. Ini akan menolong ukuran wasir Kalian menyusut.
  • Anda juga mampu mengompres kawasan yg bengkak dengan kompres es beberapa kali dalam sehari. Es mampu menolong mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan.
  • Hindari duduk dan berdiri dalam waktu yg lama dan berbaringlah sebanyak yg Kalian bisa.
  • Saat Kalian duduk, sebaiknya beri alas bantal untuk mengurangi tekanan pada rektum. Jangan duduk di kursi langsung, khususnya pada permukaan kursi yg keras. Duduk di kursi goyang alias kursi malas mungkin lebih enjoy untuk Anda.
  • Setiap berakhir buang air besar, sebaiknya bersihkan kawasan dubur Kalian dengan lembut. Kalian juga mampu membersihkannya dengan air hangat. Jika Kalian membersihkan dengan tisu, sebaiknya pilih tisu yg lembut dan tak mengandung pewangi jadi tak menyebabkan iritasi pada kulit Anda.
  • Bicarakan dengan dokter Kalian apa saja obat yg mampu Kalian gunakan untuk mengobati wasir, semacam salep topikal dan supositoria. Jangan lupa untuk menanyakan berapa lama sebaiknya obat tersebut digunakan, biasanya obat tersebut tak boleh dipakai lebih dari satu minggu. Atau, Kalian juga mampu memakai obat laksatif alias pencahar untuk menolong melunakkan feses Kalian jadi lebih mudah untuk dikeluarkan. Walaupun tak sedikit obat untuk wasir di pasaran, melainkan sebaiknya Kalian berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.
  • Perbanyak konsumsi serat (dari sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan) dan cairan (8-10 gelas per hari). Hal ini mampu menolong mencegah sembelit, membikin buang air besar Kalian lebih lancar, jadi tak memperburuk wasir Anda.
  • Melakukan olahraga dengan cara teratur. Hal ini juga mampu menolong melancarkan pencernaan Anda. Kalian mampu mencoba senam Kegel untuk menambah peredaran darah di kawasan dubur dan memperkuat otot-otot di kurang lebih anus, jadi mampu menolong mengurangi wasir.
  • Meski wasir seusai melahirkan mampu membikin Kalian merasa sakit ketika buang air besar, janganla ini membikin Kalian menahan BAB. Jika Kalian tak jarang menunda buang air besar, ini mampu membikin feses Kalian menjadi kering dan susah untuk dikeluarkan. Juga, hindari mengejan terlalu keras ketika buang air besar dan jangan buang air besar dalam waktu yg lama.

Tinggalkan komentar

WhatsApp Chat Via WA